Tips Menggunakan Mesin Genset Agar Selalu Aman

Diposting pada

Tips Menggunakan Mesin Genset Agar Selalu Aman

Jual Genset – Generator atau biasa kita singkat genset bukanlah barang elektronik yang bisa gunakan sesuka hati atau dipakai sembarangan karena ada banyak kasus yang terjadi akibat dari kelalaian manusia ketika menggunkan mesin genset. Supaya tidak terjadi konsleting listrik karena pemakaian genset yang keliru atau keracunan gas dari mesin genset akibat dari perawatan genset yang tidak tepat, maka cermati beberapa poin penting di bawah ini;

Proses Pemasangan Genset

Dalam proses pemasangan genset sangat dianjurkan untuk menghubungkannya langsung ke kabel rumah dengan memakai saklar pemindah, hal ini berfungsi dengan baik untuk membantu mencegah terjadinya backfeeding maupun kerusakan pada mesin genset Anda ketika listrik telah berhasil dipulihkan lagi oleh PLN.

Jangan Pernah Mengabaikan Buku Petunjuk

Sebelum menggunakan mesin genset, jangan pernah mengabaikan keberadaan buku petunjuk, jika Anda tidak paham karena bahasa inggris, maka Anda bisa mencari buku petunjuk yang ditulis dalam bahasa Indonesia. Buku petunjuk ini akan memandu Anda menggunakan mesin genset dengan baik dan benar dan membantu menghindari kesalahan pemakaian akibat dari ketidaktahuan.

Pemakaian Kabel Ekstensi

Kabel ekstensi biasanya dipakai untuk proses pemakaian mesin genset di outdoor untuk menjaga mesin tetap aman ketika ditempatkan di ruangan yang terbuka seperti itu. Bila alat mempunyai konektor 3 kaki, pastikan jika Anda selalu memakai kabel ekstensi yang memiliki 3 buah cabang.

Alarm Karbon Moniksida

Dianjurkan untuk selalu memakai alarm karbon monoksida yang telah dioperasikan dengan menggunakan baterai. Hal ini berfungsi sebagai alarm jika kadar monoksidanya menunjukkan tanda bahaya.

Sebelum menggunakan mesin genset, selalu matikan semua peralatan yang terhubung dengan arus listrik jadi genset tidak terkejut karena banyaknya daya yang dibutuhkan. Jangan pernah menyentuh mesin genset bila tangan atau anggota tubuh Anda yang lain dalam kondisi lembab karena bisa memicu sengatan listrik yang membahayakan nyawa Anda, jangan pernah juga mengisi bahan bakar ketika mesin genset Anda tengah beroperasi karena bisa menyulut bensin dan menciptakan api yang nantinya akan memicu kebakaran.

 

 

 

 

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *